Minggu, 22 Oktober 2017

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

                                                           
H Scan068
 








KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

KELAS V
SEMESTER  1 & 2





H Scan068 













KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


SEMESTER  1








KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2016 /  2017

MATA PELAJARAN             :           PKn
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 1 (satu)
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)




1.1 Mendiskripsikan  Negara Kesatuan Republik Indonesia
-        Menyebutkan kapan Indonesia diproklamirkan menjadi negara Merdeka
-        Menuliskan isi Teks Proklamasi
-        Menyebutkan presiden dan wakil presiden
-        Menyebutkan bunyi pasal 1 ayat 1 tentang negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik
-        Mendefinisikan tenggang : merdeka, berdaulat
-        Menemutunjuk-kan batas wilayah Indonesia  sebelah timur, tengah dan barat
-        menyebutkan negara-negara yang langsung berbatasan dengan Indonesia
-        Dapat menyanyikan lagu dari Sabang sampai Merauke
-        menceritakan makna lagu di atas







           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1.2.Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
-        Menyebutkan batas-batas wilayah Indonesia secara geografis
-        Menyebutkan batas-batas wilayah Indonesia secara astronomis
-        Menunjukkan batas laut teritorial
-        Menunjukkan batas laut continental
-        Menggambar-kan peta Indonesia dengan kertas kalkir (menjiplak atlas yang ada)
-        menunjukkan zona ekonomi eksklusif melalui gambar pada peta
-        Memberi tanda batas negara yang bersinggungan langsung dengan Indonesia




1.3.Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
-        Menyebutkan pulau yang hilang dikawasan Kalimantan karena kurangnya pengawasan ketat oleh bangsa kita







           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-        Menyebutkan contoh ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI yang datangnya dari luar
-        Menyebutkan contoh ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI yang datangnya dari dalam
-        Menjelaskan betapa pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa kita dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI
-        Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa
-        Menyebutkan keanekaragaman suku bangsa
-        Menjelaskan pentingnya Ikrar Sumpah Pemuda pada masa sebelum kemerdekaan
-        Mengartikan semboyan Bhineka Tunggal Ika





Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

MATA PELAJARAN      :     PKn
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 1 (satu)
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2. Memahami perundang-undangan tingkat pusat dan daerah




2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah   
-        Menyebutkan pasal 1 ayat 3 UUD 1945 bahwa Negara Indonesia adalah negara hukum
-        Menunjukkan pentingnya peraturan perundangan
-        Menunjukkan untuk siapa peraturan perundang-undangan dibuat
-        Menuliskan sanksi jika melanggar hukum
-        Menyebutkan sumber hukum penyusunan peraturan perundang-undangan
-        Menuliskan Tap MPR tentang sumber hukum, dan tata urutan peraturan perundang-undangan
-        Menuliskan tata urutan perundang-undangan di Indonesia







           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-        Menyebutkan bahwa UUD 1945 adalah bentuk peraturan perundang-undangan yang tertinggi sebagai hukum dasar
-        Menjelaskan pengertian amandemen
-        Menuliskan peraturan yang sifatnya dibuat oleh pusat
-        Menuliskan peraturan yang sifatnya dibuat oleh daerah




-        Menyebutkan apa yang dimaksud Tap MPR
-        Menyebutkan siapa yang berhak menetapkan Undang-undang
-        Menjelaskan apa yang dimaksud dengan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang
-        Memberikan contoh tentang peraturan pemerintah





Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20     / 20
MATA PELAJARAN             :           PKn
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 1 (satu)
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2.2 Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, anti korupsi, lalu lintas, larangan merokok
-        Menuliskan pengertian arti korupsi
-        Menyebutkan lembaga yang bertugas untuk menyelidiki perkara korupsi
-        Menyebutkan pidana yang dijatuhkan kepada para koruptor
-        menuliskan UURI anti korupsi no. 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi
-        Menuliskan lama pidana dan denda bagi pelanggar korupsi
-        Menuliskan UU No. 14 Tahun 1992 pasal 26 ayat 1
-        Menyebutkan tempat penye-brangan bagi pejalan kaki
-        Memberikan contoh akibat pengguna jalan bila tidak menaati peraturan lalu lintas
-        Menuliskan sanksi jika melanggar peraturan lalu lintas





Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006


H Scan068 
















BAHASA INDONESIA


SEMESTER  1







KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
MATA PELAJARAN             :           Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 1 (satu)
MENDENGARKAN
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan




1.1 Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
-        Mencatat pokok-pokok pembicaraan
-        Mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan
-        Menanggapi isi penjelasan
-        Membuat kerangka hasil penjelasan dari nara sumber 












           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1.2.Mengiden tifikasi unsur cerita tentang rakyat yang didengarnya
-        Mendaftar nama-nama tokoh dalam cerita dan menulis watak tokoh cerita rakyat
-        Menceritakan kembali secara tertulis dengan kalimat runtut dan mudah dipahami
-        Menuliskan tanggapan terhadap isi cerita rakyat
-        Mengidentifikasi nama tokoh dalam cerita yang didengar
-        Menulis watak tokoh cerita rakyat yang didengar





Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006




KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20     / 20

MATA PELAJARAN             :           Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 1 (satu)
BERBICARA
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara




2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
-        Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut
-        Memberikan komentar atau saran dengan bahasa yang santun
-        Mengungkapkan alasan dengan logis
-        Mengidentifikasi sebab-sebab masalah / peristiwa itu dapat terjadi








           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2.2. Menceritakan hasil penga-matan/kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan benar
-        Menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati
-        Menuliskan hal-hal penting yang diamati
-        Menceritakan hasil pengamatan/ kunjungan secara lisan dengan bahasa runtut, dan benar
-        Membuat kesimpulan




2.3.                              Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Menyebutkan 6 kata tanya
-        Menggunakan kata tanya dalam konteks kalimat
-        Menuliskan daftar pertanyaan untuk wawancara sesuai dengan topik serta menggunakan kalimat tanya yang benar








           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-        Menulis kalimat wawancara dengan benar
-        Melakukan kegiatan wawancara berdasarkan dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dengan struktur berbahasa
-        Membuat laporan hasil wawancara





Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006








KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20     / 20

MATA PELAJARAN             :           Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 1 (satu)
MEMBACA
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi




3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
-        Membacakan percakapan dengan lafal dan intonasi yang wajar
-        Mencatat pokok-pokok isi percakapan
-        Menuliskan rangkuman isi percakapan
-        Menyusun teks percakapan dengan bahasa yang santun




3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per menit
-        Membaca teks dengan kecepatan 75 kata/ menit dengan benar
-        Menyebutkan gagasan utama dari teks yang dibaca
-        Mencatat hal-hal penting dari bacaan
-        Menuliskan gagasan utama
-        Menceritakan kembali isi bacaan








           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
3.3. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
-        Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang telat
-        Membaca puisi dengan jeda yang benar
-        Menggunakan ekspresi yang tepat (sedih, haru, gembira dan lain-lain)
-        Mengidentifikasi ciri-ciri puisi.






Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006









KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

MATA PELAJARAN             :           Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 1 (satu)
MENULIS
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis




4.1.Menuliskan karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dengan penggunaan ejaan
-        Menyusun pokok-pokok pikiran dan pengalaman pribadi
-        Mengembang-kan pokok-pokok pikiran menjadi paragraf dengan bahasa yang baku
-        Menentukan judul karangan dengan tepat sesuai pengalaman
-        Menulis karangan deskripsi










           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
4.2. Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan kalimat efektif dan memper-hatikan penggunaan ejaan
-        Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa surat undangan
-        Menyebutkan bagian-bagian surat undangan
-        Menyusun surat undangan ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah sesuai dengan kaidah




4.3. Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya
-        Mengidentifikasi ciri-ciri teks dialog
-        Menggunakan tanda titik dua (:) dalam menuliskan teks dialog dengan memperhatikan isi serta peranannya
-        Menulis teks dialog yang diperankan 3 tokoh





Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006



H Scan068 















MATEMATIKA


SEMESTER  1









KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20     / 20

MATA PELAJARAN    :     MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER :     V (Lima) / 1 (satu)
BILANGAN
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
Kesulitan & Kerumitan
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah




1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat, termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan dan penaksiran
-        Menggunakan sifat komutatif (pertukaran), asosiatif (pengelompokan), dan distributive (penyebaran) untuk melakukan operasi bilangan bulat
-        Membulatkan hasil operasi hitung ke puluhan, dan ratusan terdekat
-        Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan




1.2  Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB
-        Menentukan KPK dan FPB dengan menggunakan faktor prima dan faktorisasi prima
-        Memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan KPK dan FPB








           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1.3  Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
-        Menentukan hasil perpangkatan dua
-        Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua
-        Melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
-        Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan berpangkat dua




1.4.    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK, dan FPB
-        Menyederhanakan pecahan biasa dengan menggunakan FPB
-        Menjumlahkan dua pecahan biasa yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK
-        Menumlahkan dua pecahan campuran yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK
-        Mengurangkan dua pecahan biasa yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK
-        Mengurangkan dua pecahan campuran yang penyebutnya tidak sama dengan menggunakan KPK







           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
Kesulitan & Kerumitan
Intake Siswa Kemampuan
Daya Dukung
1.3 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
-        Membaca dan menulis bilangan bulat dalam kata-kata dan angka
-        Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bilat
-        Melakukan operasi perkalian bilangan bulat
-        Melakukan operasi pembagian bilangan bulat
-        Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
-        Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat





         
Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20     / 20

MATA PELAJARAN     :     MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER   :     V (Lima) / 1 (satu)
GEOMETRI DAN  PENGUKURAN
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah




2.1 Menulis tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam,
-        Menggunakan tanda waktu dengan notasi 12 Jam (melibatkan keterangan pagi, sore atau malam)
-        Menenetukan tanda waktu dengan rotasi 24 jam




2.2 melakukan operasi hitung satuan waktu
-        melakukan operasi hitung satuan waktu




-        Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu





                                                                      


           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2.3 Melakukan pengukuran sudut
-        Menentukan dan menaksir besar suatu sudut




2.4  Mengenal satuan jarak dan kecepatan
-        Menunjukkan hubungan antara satuan jarak, waktu dan





GEOMETRI DAN  PENGUKURAN
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan
-        Menenetukan lama yang digunakan untuk menempuh jarak tertentu, jika diketahui kecapatan rata-rata kecepatan
-        Menentukan jarak yang ditempuh jika diketahui lama perjalanan rata-rata






Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20     / 20
MATA PELAJARAN     :     MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER   :     V (Lima) / 1 (satu)
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
3. Menghitung luas bangun  datar sederhana dan menggunakan-nya dalam pemecahan masalah.




3.1.Menghitung luas trapesium dan layang-layang
Menentukan luas trapezium




3.2    Menyelesaikan masalah yang berkaitan deng-an luas bangun datar
-        Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas lingkaran
-        Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling lingkaran
-        Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas jajaran genjang
-        Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berhubungan dengan luas jajaran genjang








KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20     / 20
MATA PELAJARAN     :     MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER   :     V (Lima) / 1 (satu)
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakan-nya dalam pemecahan masalah




4.1                               Menghitung volume kubus dan balok
-        Menentukan volume kubus
-        Menetnukan volume balok




4.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volumen kubus dan balok
-        Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan volume kubus
-        Menentukan simetri lipat suatu bangun datar
-        Menentukan jumlah / banyak tingkat simetri putar suatu bangun datar





Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006


H Scan068 















ILMU PENGETAHUAN ALAM


SEMESTER  1








KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20     / 20

MATA PELAJARAN             :           IPA
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 1 (satu)
MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan




1.1 Mengidentifikasi fungsi organ per-nafasan manusia
-        Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia
-        Menyebutkan alat pernapasan pada manusia
-        menggambar alat pernapasan dan mendemonstrasikan cara kerjanya
-        Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman
-        Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan









           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1.2 Mengidentifikasi fungsi pernafasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
-        Mengidentifikasikan alat pernapasan pada hewan ikan dan cacing tanah
-        membuat model alat pernapasan pada ikan dan cacing tanah




-        Menyebutkan alat pernapasan hewan lainnya, seperti burung, katak, lumba-lumba
-        Menyebutkan fungsi alat pernapasan pada hewan-hewan tersebut




1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan  hubungannya dengan makanan dan kesehatan
-        Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia
-        Menyebutkan fungsi alat pencernaan pada manusia
-        Mencari informasi beberapa macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan
-        Mempraktikkan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan
-        Mengidentifikasi makanan bergizi
-        Membuat daftar menu makanan bergizi seimbang untuk dirinya
-        Menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat
-        Mempraktekkan cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya






           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1.4. Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
-        Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar
-        Mencari informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia
-        Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah




1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia
-        Mencari informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia
-        Mempraktikkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah






Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006

                                                                                


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20     / 20


MATA PELAJARAN             :           IPA
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 1 (satu)
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2.  Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan




2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
-        Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain
-        Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan 
-        Mengidentifikasikan bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya
-        Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dari hewan sebagai sumber energi
-        Memprediksi yang akan terjadi bila dunia ini tidak ada tumbuhan hijau












           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
2.2. Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
-        Mengidentifikasikan bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya
-        Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi
-        Memprediksi yang akan terjadi bila dunia ini tidak ada tumbuhan hijau








Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20     / 20

MATA PELAJARAN             :           IPA
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 1 (satu)
BENDA DAN SIFATNYA
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
3.  Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan




3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
-        Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya
-        Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya misalnya memiliki racun, duri atau daun yang tajam
-        Mengidentifikasikan ciri khusus pada beberapa hewan untuk melindungi dirinya, misalnya duri tajam, cairan tinta, tanduk dan sengat
-        Mengaitkan ciri khusus tumbuhan dengan tempat hidupnya










           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
3.2 Mengidentifikan penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
-        Mengaitkan ciri khusus tumbuhan hewan dengan lingkungannya
-        Membuat daftar tentang hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
-        Menentukan usaha yang telah dilakukan untuk




-        mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan
-        Menjelaskan kerugian yang dialami manusia karena hilangnya jenis makhluk hidup tertentu
-        Ikut berpartisi-pasi dalam pelestarian jenis makhluk hidup 





Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20     / 20

MATA PELAJARAN             :           IPA
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 1 (satu)
BENDA DAN SIFATNYA
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
4.  Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunannya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses




4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyu-sunnya, misalnya benang kain, dan kertas
-        Mengidentifikasi beberapa jenis bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya bahan tali timah
-        Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya
-        Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji kekuatannya
-        Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji misalnya berbagai jenis barang
-        Menyimpulkan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya dari hasil percobaan






           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap
-        Menyimpulkan data tentang sifat benda seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan dan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan




-        Mendeskripsikan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses, misalnya lilin dipanaskan, kertas dibakar, semen dicampur air dan pembusukan buah
-        Menjelaskan faktor yang menyebabkan perubahan pada benda
-        Mengidentifikasi benda yang dapat dan yang tidak dapat berubah ke wujud semula setelah mengalami suatu proses
-        Mendiskripsikan kondisi benda setelah mengalami proses berdasarkan pengamatan




         
Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006

H Scan068 















ILMU PENGETAHUAN SOSIAL


SEMESTER  1








KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 20     / 20

MATA PELAJARAN             :           IPS
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 1 (satu)

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1.         Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia




1.1 Mengenal  makna peninggalan –peninggalan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu Budha dan Islam di Indonesia
-        Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu yang ada di Indonesia
-        Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu, Candi dan tradisi agama di berbagai daerah Indonesia
-        Menceritakan kejayaan Maja Pahit dan Peran Gajah Mada dalam Upaya Menyatukan Nusantara










           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1.2       Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
-        Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak Budha di Indonesia
-        Mengidentifikasi peninggalan sejarah yang bercorak Budha di Indonesia (Stupa Borobudur dan tradisi agama)
-        Menceritakan Sriwijaya sebagai kerajaan Maritim dan pusat Penyebaran Agama Budha
-        Mengidentifikasi peninggalan sejarah yang bercorak Islam di Indonesia





-        Menceritakan tokoh-tokoh kerajaan Islam di berbagai daerah di Indonesia




1.3       Mengenal  keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/ globe dan media lainnya
-        Menggambarkan peta Indonesia dengan menggunakan symbol
-        Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam wilayah Indonesia
-        Menunjukkan peta persebaran flora dan fauna di berbagai wilayah di Indonesia








           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-        Mengidentifikasi ciri dan sifat cuaca/ iklim di wilayah Indonesia
-        Menjelaskan perubahan cuaca / iklim dan dampaknya terhadap aktivitas masyarakat setempat
-        Mengidentifikasi kenampakan alam buatan di Indonesia
-         Menjelaskan keuntungan dan kerugian kenampakan alam buatan (waduk, pelabuhan, kawasan industri)




1.4 Menghargai keragaman suku dan budaya di Indonesia
-        Menunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
-        Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa
-        Mengidentifikasikan keaneka-ragaman budaya yang terdapat di Indonesia
-        Mengembangkan sikap menghormati budaya di Indonesia













           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
1.5 Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
-        Menyebutkan jenis usaha perekonomian dalam masyarakat
-        Memberi contoh yang dikelola sendiri dan kelompok
-        Memberi contoh cara menghargai kegiatan setiap orang dalam perusahaan
-        Memberi contoh kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi di Indonesia
-        Kunjungan ke salah satu produsen





Mengetahui,
Kepala Madrasah
 




Ahmad Syarkawi, S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
Paya Dapur, ……………………
Guru Kelas



Rasnawati, S.Pd
 NIP. 196901032005012006



0 komentar:

Posting Komentar