RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MIN Paya Dapur
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota
tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
¡ Mengidentifikasi isi teks deskriptif tentang penggunaan
kaki
¡ Menjawab pertanyaan sesuai isi teks deskripsi
¡ Menunjukkan permainan yang menggunakan kaki
¡ Menjelaskan kegunaan kaki
PPKn
Kompetensi Dasar (KD) :
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator :
¡ Mengidentifikasi aturan dalan suatu permainan
¡ Mengikuti aturan dan tata tertib dalam mengikuti permainan
di sekolah
PJOK
Kompetensi Dasar (KD) :
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator :
¡ Mengidentifikasi gerak lokomotor dalam satu permainan
¡ Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Permainan
Tapak Gunung (Permainan Menggunakan Gerakan Kaki)
¡ Dengan bermain siswa dapat meng gerakkan kaki sesuai
petunjuk permainan.
Mengamati
Gambar dan Mendiskusikan Hasil Pengamatan Gambar
¡ Setelah mengamati gambar, siswa dapat menunjukkan kegiatan
yang menggunakan kaki.
¡ Setelah bertanya jawab siswa dapat menyebutkan ke guna an
kaki..
E. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Tapak
Gunung (Permainan Menggunakan Gerakan Kaki)
¡ Mengamati
Gambar dan Mendiskusikan Hasil Pengamatan Gambar
F. METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru memberikan salam dan mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ”Tubuhku”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Permainan Tapak Gunung (Permainan Menggunakan Gerakan Kaki)
Guru menyampaikan bahwa dalam
permainan pun kita banyak menggunakan kaki. (Mengamati)
Guru bertanya permainan apa saja
yang menggunakan kaki. (Menanya)
Guru menyampaikan salah satunya
adalah permainan Tapak Gunung. (Mengasosiasi)
Siswa diajak ke luar kelas untuk
bermain Tapak Gunung. (Mengekplorasi)
Siswa
diminta berbaris dengan rapi dan tertib. (Mengasosiasi)
Guru memandu
siswa melakukan gerakan-gerakan di tempat baik gerakan tangan, kaki, kepala,
pinggul dan sebagainya untuk pemanasan. (Mengasosiasi)
Kemudian guru meminta siswa untuk
berlari beberapa putaran (guru menyesuaikan). (Mengekplorasi)
Guru meminta siswa membentuk
kelompok (jumlah disesuaikan dengan jumlah murid di sekolah). (Mengasosiasi)
Guru
menggambar sarana bermain tapak gunung (engklek) di atas area bermain.
(Mengamati)
Guru menjelaskan aturan
permainan. (Mengamati)
Masing-masing siswa diminta
mencari gacoan (pecahan genting, atau koin). (Mengekplorasi)
Kemudian siswa melakukan
permainan tapak gunung berkelompok. (Mengekplorasi)
Guru mengamati siswa selama
bermain. (Mengamati)
Setelah selesai guru mengajak
siswa mendiskusikan hal-hal yang dapat diambil sebagai pelajaran dari permainan tersebut. (Mengkomunikasikan)
Mengamati Gambar dan Mendiskusikan Hasil Pengamatan Gambar
Guru menyampaikan setelah bermain
menggunakan kaki, anak-anak akan melihat lebih jauh kegiatan-kegiatan lain
yang menggunakan kaki. (Mengamati)
Siswa diminta mengamati gambar di
buku siswa. (Mengamati)
Guru mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang sedang diamati dengan
pertanyaan-pertanyaan terbuka yang membuat siswa menggunakan kemampuan
berpikir kritis misalnya guru menanyakan apa yang dapat siswa amati dari
gambar tersebut, apa hubungan gambar-gambar tersebut dengan pelajaran yang
sudah dipelajari sebelumnya. (Menanya)
Siswa diminta memberikan
contoh-contoh kegiatan lain yang berhubungan dengan kegunaan kaki. (Mengekplorasi)
Setelah diskusi siswa diminta
mengerjakan lembar kerja yang berhubungan dengan kegunaan kaki. (Mengasosiasi)
Sebagai penutup guru menanyakan
kembali kegiatan-kegiatan yang menggunakan kaki. (Mengkomunikasikan)
Guru menyampaikan kita harus
bersyukur mempunyai kaki yang banyak bermanfaat. (Mengkomunikasikan)
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian
hasil belajar
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2014,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
¡ Kapur tulis untuk
menggambar sarana bermain Tapak Gunung
¡ Gambar kegiatan sehari-hari yang menggunakan kaki
I. PENILAIAN
PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)
3. Penilaian Pengetahuan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Mewarnai, Menggunting, dan Menempel Pola Telapak
Tangan
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Kemampuan melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki
dalam permainan engklek
|
Siswa mampu melakukan gerakan dengan keseimbangan kaki.
|
Siswa 1—2 kali menunjukkan ketidakseimbangan kaki
|
Siswa 3—4 kali menunjukkan ketidakseimbangan kaki
|
Siswa belum mampu melakukan gerakan dengan keseimbangan
kaki.
|
2.
|
Kemampuan mengikuti aturan permainan
|
Siswa melakukan gerakan sesuai dengan tahapan permainan
|
Siswa 1—2 kali melanggar tahapan permainan
|
Siswa 3—4 kali melanggar tahapan permainan
|
Siswa belum mampu mengikuti tahapan permainan
|
b. Penilaian : Unjuk Kerja
Lembar Pengamatan Mengamati Gambar dan Mendiskusikan
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (v)
|
Belum Terlihat (v)
|
1.
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
|
|
2.
|
Kemampuan memberikan contoh-contoh aktivitas yang terkait dengan
penggunaan kaki
|
|
|
Remedial:
1. Guru melakukan
remedial jika masih ada siswa yang belum mampu menyebutkan nama-nama anggota
tubuh.
2. Guru memberikan
remedial membaca.
3. Guru melakukan
remedial bagi siswa yang masih belum lancar membaca teks deskriptif yang sudah
dipelajari.
4. Guru disarankan
melakukan remedial untuk siswa yang belum mampu menulis nama-nama anggota tubuh
yang dipelajari.
Refleksi guru:
¡ Hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu
selama pembelajaran?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
¡ Siswa mana saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
¡ Hal-hal apa saja menjadi catatan keberhasilan pembelajaran
yang telah Bapak/Ibu lakukan?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
¡ Hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
agar pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan
menjadi lebih efektif?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
Paya Dapur, ...................20....
Kepala MIN Paya Dapur
AHMAD SYARKAWI,S.Pd.I
NIP. 197705032005011005
|
|
Paya Dapur, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
KARLINA, S.Pd
NIP 198304012007012002
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MIN PAYA DAPUR
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema 2 : Kegemaranku
Sub Tema 2 : Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota
tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.5 Mengenal teks diagram/label tentang anggota
keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang
anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Indikator :
¡ Mengidentifikasi teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan pancaindra
¡ Mempraktikkan isi teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan pancaindra
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Mengenal keberagaman karakteristik individu
di rumah dan di sekolah
4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan
dalam keberagaman di rumah dan sekolah
Indikator :
¡ Mengidentifikasi perbedaan kesukaan individu terhadap
sebuah lagu
¡ Menunjukkan sikap menghargai perbedaan karakteristik
individu di sekolah
¡ Menceritakan perbedaan antara dua karakteristik individu
secara lisan
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.12 Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya
benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah
anggotanya
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang
ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf
Indikator :
¡ Menyajikan informasi dalam bentuk tabel
¡ Menuliskan hasil wawancara dalam bentuk diagram/grafik
gambar
¡ Mengidentifikasi grafik berdasarkan lebih banyak dan
lebih sedikit
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan
alat musik ritmis
4.7 Menyajikan lagu anak-anak dan berlatih memahami
isi lagu
Indikator :
¡ Mengamati pola irama lagu
¡ Menceritakan isi lagu
¡ Menyanyikan lagu
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Mana yang Lebih Banyak dan
Lebih Sedikit?
¡ Dengan
kegiatan praktik siswa mampu menyanyikan lagu ‘Cing Gemirincing’ dengan lancar
dan percaya diri.
¡ Dengan
melakukan wawancara kepada teman, siswa mampu melengkapi grafik gambar data
hasil wawancara dengan benar.
Mengidentifikasi
Perbedaan Suara
¡ Dengan
melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi perbedaan suara keras, suara
sedang, dan suara lembut dengan tepat.
¡ Setelah
mengidentifikasi, siswa mampu membedakan mana suara keras, suara sedang, dan
suara lembut.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengenal Lagu
¡ Mana Lebih Banyak dan Lebih Sedikit
¡ Mengidentifikasi Perbedaan Suara
E. METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
¡
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
¡
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
¡
Mengajak Semua Siswa menyanyi “Selamat Pagi Guru”
¡
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu,
mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
¡
Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang
telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara
kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan
|
10 menit
|
Inti
|
Bernyanyi dan Menghitung Kata pada Syair Lagu
¡
Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kepada siswa
siapa di antara mereka yang suka bernyanyi. (Menanya)
¡
Guru menyampaikan bahwa setiap orang memiliki kelebihan
yang berbeda-beda. Ada yang pandai bernyanyi, ada juga yang pandai dalam hal
yang lain. (Mengamati)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan
bernyanyi. (Mengamati)
¡
Siswa menyanyikan lagi “Cing Gemerincing” bersamasama
dengan bimbingan guru. (Mengasosiasi)
¡
Kemudian, siswa diminta menyanyikannya bergantian secara
berpasangan di depan kelas. (Mengekplorasi)
¡
Setelah siswa mendapat giliran guru meminta siswa
melakukan survei sederhana tentang lagu kesukaan teman-temannya. (Mengekplorasi)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan tentang bagaimana melakukan
survei. (Mengasosiasi)
¡
Selanjutnya siswa melakukan survei untuk lagu-lagu yang
lain. (Mengekplorasi)
¡
Jika telah selesai melakukan survei maka seluruh siswa
membuat tanda “orang tersenyum”(contoh pada buku siswa) sebanyak siswa yang
memilih suatu lagu. (Mengekplorasi)
¡
Guru berkeliling untuk mengamati kerja siswa. (Mengasosiasi)
¡
Setelah semua siswa selesai, siswa diminta mengamati
hasil pekerjaannya. (Mengasosiasi)
¡
Guru bertanya,”Apa lagu yang paling banyak disukai
siswa?”, “Apa lagu yang paling sedikit disukai siswa?”, “Buat urutan dari
lagu yang paling banyak disukai siswa!”, dan “Buat urutan dari lagu yang
paling sedikit disukai siswa!” (Mengasosiasi)
¡
Guru menjelaskan bahwa informasi yang dibuat dalam bentuk
seperti itu disebut dengan piktograf atau grafik gambar. (Mengasosiasi)
¡
Selanjutnya siswa diminta untuk melengkapi tulisan yang
ada di buku siswa pembelajaran 1 tentang lagu kesukaan. (Mengasosiasi)
¡
Siswa diminta menceritakan hasilnya kepada teman dan
guru. (Mengkomunikasikan)
Membaca dan Menyusun Teks Lagu
¡
Siswa bersama guru menyanyikan kembali lagu “Cing
Gemerincing”. (Mengasosiasi)
¡
Sebelumnya guru meminta siswa untuk menebalkan tulisan di
buku siswa. (Mengekplorasi)
¡
Siswa menyanyikan lagu Cing Gemerincing.
(Mengekplorasi)
¡
Siswa dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama menyanyikan
lagu, kelompok lainnya mendengarkan. (Mengekplorasi)
¡
Berikutnya kelompok kedua menyanyikan lagu, kelompok
pertama mendengarkan. (Mengekplorasi)
¡
Kelompok kedua menyanyikan sekali lagi kelompok pertama
mendengarkan dengan telingan ditutup dengan jari.
¡
Guru menanyakan perbedaan suara yang didengar.
(Mengasosiasi)
¡
Kemudian siswa diminta untuk mendengarkan suara-suara di
sekitar dengan semua siswa diam. (Mengekplorasi)
¡
Siswa dan guru mendiskusikan suara-suara tersebut,hingga
akhirnya guru menjelaskan bahwa suara itu ada yang keras, sedang, dan ada
yang lembut. (Mengekplorasi)
¡
Guru meminta siswa untuk membandingkan lagu yang
dinyanyikan sendiri dengan yang dinyanyikan bersama-sama (paduan suara). (Mengekplorasi)
¡
Siswa juga diminta untuk melakukan percobaan, yaitu
mendengarkan teman yang bicara berhadaphadapan, teman yang berbicara dengan
berbisik, dan teman yang sedang memanggil teman lain yang jauh dari dia. (Mengekplorasi)
¡
Setelah melakukan percobaan dan memperhatikan suara-suara
di sekitar, siswa diminta melakukan latihan di buku siswa memberi tanda √
pada tabel yang tersedia di buku siswa. Jika terdengar suara keras, memberi
ceklis pada kolom K, memberi tanda ceklis pada kolom L jika terdengar suara
pelan/lembut dan S pada kolom sedang. (Mengasosiasi)
¡
Dari seluruh data yang ada pada tabel siswa diminta untuk
menuliskan suara yang paling keras dan yang paling lembut. (Mengkomunikasikan)
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
¡
Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara
membacanya, cara melafalkannya dsb)
¡
Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna
dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, langsung diberi nasehat
agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan
|
15 menit
|
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku
Pedoman Guru Tema : Kegemaranku Kelas
1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Buku
Siswa Tema : Kegemaranku Kelas 1
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
¡ Teks dan not lagu Cing Gemerincing
¡ Karton
H. PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis (lembar kerja di
buku siswa)
3. Penilaian Keterampilan
Lembar Pengamatan Menyanyikan Lagu dan Membuat Tabel
Piktograf.
Kriteria
|
Terlihat (P)
|
Belum Terlihat (P)
|
Siswa mampu menyanyikan lagu Cing Gemerincing
|
|
|
Siswa mampu menampilkan informasi dalam tabel
/piktograf.
|
|
|
Siswa mampu melengkapi tulisan.
|
|
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
Drs. KASMAN
NIP 196101091993031002
|
|
Paya Dapur, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
KARLINA, S.Pd
NIP 198304012007012002
|
Rencanan Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : MIN Paya Dapur
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu :
2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika :
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia
:
·
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah
dan dongeng yang
dilisankan.
·
Berbicara :
Mengungkapkan fikiran, perasaan,
dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda
dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
· Membaca : Memahami teks pendek
dengan membaca nyaring.
· Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi
karya seni musik.
Kompetensi Dasar :
1. IPS :
·
Menceritakan pengalaman.
2. IPA :
·
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh
sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara, lingkungan ).
3.
PKN :
·
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4.
Matematika :
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5.
Bahasa Indonesia :
·
Membedakan bunyi bahasa.
·
Menyapa
orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun..
·
Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·
Mencontoh
huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari
berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
I. Tujuan Pembelajaran** :
·
Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil
berdasarkan cerita orang tua.
·
Siswa dapat menceritakan pengalaman ke sekolah,
pulang sekolah dan kesan bersekolah..
·
Siswa dapat menjelaskan nama makanan sehat,
perlunya makanan, pakaian, air, udara serta lingkungan untuk tumbuh sehat..
·
Siswa dapat membedakan jenis air, makanan,
pakaian, udara dan lingkungan yang baik untuk tumbuh.
·
Siswa dapat menyebutkan 5 agama, kegiatan
keagamaan, kitab suci, dan pemuka agama
yang diakui di Indonesia .
·
Siswa dapat menerjemahan bentuk penjumlahan dan
pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari..
·
Siswa dapat membaca simbul +, -, = dalam
mengerjakan hitung sampai 20..
·
Siswa
dapat menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
·
Siswa
dapat menjumlahkan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
·
Siswa
dapat membedakan berbagai bunyi / suara tertentu secara tepat.
·
Siswa
dapat menirukan bunyi/ suara tertentu seperti kendaraan atau suara benda.
·
Siswa
dapat menyapa teman, orang lain dengan kalimat yang baik dan cara yang santun.
·
Siswa
dapat membaca suku kata, kata, dan kalimat sedrehana.
·
Siswa
dapat menjiplak, menebalkan dan menyalin
huruf, gambar, dan kalimat.
·
Siswa
dapat menentukan sumber bunyi
·
Siswa
dapat membedakan bunyi alam dan buatan.
·
Siswa
membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·
Siswa
dapat menunjukan benda karya manusia dan ciptaan Tuhan.
·
Siswa
dapat menyebutkan kegunaan benda.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Peristiwa
masa kecil
·
Hidup
rukun dalam perbedaan.
·
Oprasi
hitung bilangan.
·
Pengucapan
bunyi atau suara tertentu di sekitar
·
Pelafalan
bunyi bahasa
·
Kalimat
sapaan
·
Membaca
kata dan kalimat.
·
Menjiplak
dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
·
Unsur
– unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
·
Gambar
barang budaya/ alami.
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu
I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengamati model/ gambar makanan sehat,
menyebutkan jenis makanan yang dapat
menyehatkan tubuh.
F
Mengamati lingkungan sekitar untuk mendiskusikan
pentingnya air, pakaian, udara, dan
lingkungan untuk tumbuh sehat.
F Mengamati gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mengelompokkan jenis makanan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan.
F
Menyebutkan jenis air yang baik untuk kesehatan
tubuh.
F
Menyebutkan nama agama yang sesuai dengan tempat
ibadah yang ditunjuk
F
Menceritakan kegiatan keagamaan yang pernah
diikuti atau yang pernah dilihat, dan didengar.
F
Mendiskusikan kegiatan keagamaan yang ada di
Indonesia.
F
Memberikan contoh peristiwa sehari-hari yang
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
F Menterjemahlkan
peristiwa tersebut ke dalam kalimat matematika baik penjumlahan dan pengurangan
hasil sampai 20 secara lisan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melalui pendengaran yang cermat menyebutkan
suara langsung dan suara tiruan.
F
Mendengarkan penjelasan guru tentang peristiwa
yang pernah dialami pada saat masih kecil bisa diceritakan kembali kepada orang
lain, sebagai pengalaman kepada temannya atau gurunya.
F Menceritakan pengalaman masa kecil yang didengar dari
orang tua atau orang lain
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menirukan susra yang didengar, dan menyebutkan
jenis suara yang didengar.
F
Menirukan susra binatang, kendaraan, dan suara
alam.
F
Mengajukan pertanyaan tentang pengalaman orang
lain.
F
Menuliskan peristiwa penjumlahan dalam
kehidupan sehari-hari ke dalam kalimat
matematika secara lisan.
F Mencari
hasil dari penjumlahan tersebut .
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melalui pengalaman dan pengamatan dapat
membedakan suara buatan dan suara alami.
F
Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca
simbul + yang dapat diartikan sebagi penjumlahan,dikumpulkan, diberi lagi,
membeli lagi penambahan, dan simbul =
untuk mendapatkan hasil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyebutkan suara –suara alami yang pernah
didengar
F
Menyebutkan suara-suara buatan yang pernah
didengar
F
Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit dan
ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul + dan =.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melalui pengamatan dan pengalaman siswa
menciptakan jenis suara yang baru.
F Mencari
hasil penjumlahan dengan hasil yang
tepat, dalam menerjemahkan ke dalam
kalimat penjumlahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Bermain
bunyi , membuat kelompok , setiap kelompok mengeluarkan bunyi tiruan dan bunyi alami
yang pernag didengar.
F Membuat kalimat matematika melalui pengamatan lingkungan kelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca
simbul ( - ) yang dapat diartikan sebagi pengurangan, dikurangi, terbang, lari,
hilang, diberikan, dan simbol = untuk
mendapatkan hasil.
F Melalui
penjelasan guru, siswa memeragakan menyapa teman dengan cara yang baik dan
bahasa yang santun.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan pengurangan melalui benda konkrit dan
ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul ( - )
dan ( = )
F Menirukan
kalimat sapaan yang diucapkan guru.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit
(Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mendengarkan penjelasan guru tentang sumber
bunyi.
F
Menjelaskan bunyi alam adalah bunyi yang
dihasilkan oleh alam, contohnya suara air mengalir, angin bertiup, suara guntur
, suara ombak dll.
F Menjelaskan
bunyi buatan yaitu bunyi yang dihasilkan oleh tubuh manusia,
contohnya : bernyanyi, berdecak,
berbicara,bertepuk, memetik jari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
gerakan yang dapat menghasilkan bunyi, baik menggunakan alat sederhan
maupun menggunakan anggota tubuh.
F
Melalui pengamatan dan pengalaman siswa
mengelompokkan bunyi menjadi dua jenis yaitu bunyi alam dan bunyi buatan.
F
Memeragakan menyapa oarng tua, guru dan orang
yang lebih tua, dengan kalimat yang santun dan cara yang baik secara
individual.
F Mengajukan
pendapat atas peragaan temannya untuk perbaikan dan menambah keberanian mengeluarkan pendapat.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Minggu
ke 2
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melalui percobaan tentang air di lingkungan
sekitar siswa dapat menjelaskan jenis air yang dapat menyehtkan dan tidak
menyehatkan.
F Melalui
penjelasan guru dan pengalaman, siswa menyebutkan 4 kitab suci umat beragama
yang ada di Indonesia.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa
dapat menjelaskan tentang lingkungan sekitar termasuk sehat atau tidak sehat.
F
Melalui diskusi sederhana siswa menyimpulkan
udara kotor sangat berpengaruh pada kesehatan manusia.
F
Melalui Lembar Kerja siswa mencari informasi
tentang 5 pemuka agama yang ada di Indonesia.
F
Menyelesaikan soal latihan untuk penjumlahan.
F
Mengerjakan soal penjumlahan di papan tulis.
F Melakukan penyelesaian soal cerita sederhana tentang
penjumlahan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Dengan bantuan guru siswa menyusun naskah
percakapan sapaan yang sederhana dengan menggunakan bahasa yang santun.
F
Melalui penjelasan guru sebagai motivasi, siswa
dapat mengingat kembali kesan pertama masuk sekolah Dasar , dan menceritakan
peristiwa/ pengalaman tersebut kepada orang lain atau temannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Memperagakan naskah percapan sapaan tersebut di
depan kelas.
F
Mengerjakan soal pengurangan di papan tulis.
F
Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang
pengurangan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengamati kartu huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d,
dan l yang diperlihatkanguru.
F
Melalui penggunaan kartu huruf , siswa
dapat menyusun kata sederhana.
F
Membaca susunan kartu huruf tersebut dengan
suara nyaring dan lafal yang benar.
F
Membaca kalimat tersebut dengan suara nyaring
dan pelafalan yang benar.
F Membaca dan menghapal fakta dasar penjumlahan sampai
dengan 20
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat
sederhana.
F Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan
dari fakta dasar tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca dan menghapal fakta dasar
pengurangan sampai dengan 20
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melalui Lembar Kerja menulis, siswa menjiplak
dan menebalkan bentuk huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l secara lepas, kata atau gambar dengan posisi duduk dan
pemegangan alat tulis yang benar.
F
Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil
hafalan dari fakta dasar tersebut.
F Pengetesan melalui lisan dan tertulis.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit
untuk konsep penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
F Mengamati
bentuk huruf dari papan tulis, lalu menuliskannya di udara huruf a, i, u, e, o,
m, n, b, d, dan l secara lepas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mengerjakan soal penjumlahan bilangan 3 angka
hasil sampai 20 yang didiktekan guru.
F
Menuliskan kata yang dibentuk dari huruf a, i,
u, e, o, m, n, b, d, dan l.
F Melakukan salintatap beberapa kata yang ditulis di
papan tulis ke dalam buku tulis sendiri.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit
(Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melalui pengamatan dan pengalaman siswa
menjelaskan perbedaan panjang dan pendek bunyi,
F Menyalin kalimat sedrehana dengan tulisan
tegak bersambung.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membedakan keras dan pelan suatu bunyi (
dinamik).
F
Menuliskan kalimat sederhana yang terdiri dari
dua kata yang didiktekan guru.
F Menuliskan dengan bentuk huruf lepas yang benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir,
guru:
F
Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
F
Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku
ajar siswa yang relevan
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan
kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas
1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan
Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Saya Ingin Terampil dan
Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
·
Alat Peraga :
1.
Gambar
makanan sehat dan makanan tidak sehat..
2.
Gambar
keluarga dari majalah / foto keluarga.
3.
Kartu
huruf
4.
Kartu
bilangan.
5.
Manik-manik,
kelereng, batu-batuan, kerang.
6.
rebana,
suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
7.
Sampel
air bersih dan tidak bersih.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1.
IPS
:
·
Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil
berdasarkan cerita orang
tua.
·
Menceritakan pengalaman pergi , di sekolah atau pulang sekolah
·
Menceritakan kesan
hari pertama masuk Sekolah Dasar.
2.
IPA
:
·
Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh.
·
Menjelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk
·
tumbuh sehat.
·
Membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik
untuk tumbuh sehat.
3.
PKN
:
·
Menyebutkan
5 agama yang diakui di Indonesia beserta
tempat ibadahnya
·
Menceritakan
kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama
·
Menyebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia.
·
Menjelaskan 5 pemuka
agama yang diakui di Indonesia.
4.
Matematika
:
·
Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke
dalam kalimat sehari-hari.
·
Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung
sampai 20
·
Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
·
Menjumlah bilangan
3 angka hasil sampai 20.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
.Membedakan berbagai bunyi /
suara Tertentu secara tepat.
·
Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
·
Menyapa
teman sebaya, guru, dan orang lain
serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara
yang santun.
·
Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan
kalimat sederhana
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Menyalin
/ mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis dengan benar.
·
Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri..
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Menentukan sumber bunyi.
·
Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·
Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·
Menjelaskan rangkaian
bunyi dan detak melalui peragaan
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
1.
IPS
:
·
Ceritakanlah kembali pengalaman waktu kecil
berdasarkan cerita orang
tua.
·
Ceritakanlah pengalaman pergi , di sekolah atau pulang sekolah
·
Ceritakanlah kesan hari pertama masuk Sekolah
Dasar.
2.
IPA
:
·
Tunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh.
·
jelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk
·
tumbuh sehat.
·
Bedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik
untuk tumbuh sehat.
3.
PKN
:
·
Sebutkan
5 agama yang diakui di Indonesia beserta
tempat ibadahnya
·
Ceritakanlah kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama
·
Sebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia.
·
Jelaskan 5 pemuka agama
yang diakui di Indonesia.
4.
Matematika
:
·
Terjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke
dalam kalimat sehari-hari.
·
Bagaimana cara Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam
mengerjakan hitung sampai 20
·
Bagaimana cara Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai
dengan 20.
·
Bagaimana cara Menjumlah bilangan 3 angka hasil sampai 20.
5.
Bahasa
Indonesia :
·
Bedakan berbagai bunyi /
suara Tertentu secara tepat.
·
Tirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
·
Bagaimana cara Menyapa
teman sebaya, guru, dan orang lain
serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara
yang santun.
·
Bagaimana cara Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata,
kata –kata dan kalimat sederhana
·
Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·
Bagaimana cara Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk
huruf.
·
Bagaimana cara Menyalin
/ mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis dengan benar.
·
Bagaimana cara Menyalin
/ mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri..
6.
Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Tentukan sumber bunyi.
·
Bedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·
Bedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·
Jelaskan rangkaian
bunyi dan detak melalui peragaan
·
LKS
·
Lmbar observasi.
|
I. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang
kerjasama
* tidak
bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor :
jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala
Madrasah
Drs. KASMAN
NIP
196101091993031002
|
|
Paya Dapur,
........................ 20 .....
Guru Kelas 1
KARLINA, S.Pd
NIP
198304012007012002
|
0 komentar:
Posting Komentar