KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
PROGRAM TAHUNAN
|
Nama Sekolah : _______________________________
Kelas / Semester : II (Dua) / 1
Nama Guru : _______________________________
NIP / NIK : _______________________________
|
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan :
_________________________________
Kelas / Semester :
II (Dua) / 1
Tahun Ajaran : 20 .........
/ .........
Kompetensi Inti (KI)
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Tema
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
PPKn
|
|||||
1. Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
||||
1.2
Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah
dan sekolah
|
|||||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman , dan guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an moral Pancasila
|
||||
2.2
Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku
toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan
sekolah
|
|||||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah.
|
3.1 Mengenal simbol-simbol sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila
|
||||
3.2 Memahami tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
|
|||||
3.3 Memahami makna keberagaman
karakteristik individu di rumah dan di sekolah
|
|||||
3.4 Memahami arti bersatu dalam
keberagaman di rumah dan sekolah
|
|||||
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
|
||||
4.2 Melaksanakan tata tertib dan
aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
|
|||||
4.3 Berinteraksi dengan beragam
teman di lingkungan rumah dan sekolah
|
|||||
4.4 Bermain peran
tentang bersatu dalam
keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah
|
|||||
Bahasa Indonesia
|
|||||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha
Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
|
||||
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha
Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
|
|||||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin
tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
||||
2.2
Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di
lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
|||||
2.3
Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
|
|||||
2.4
Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan alam dan penampakannya
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
|||||
2.5
Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun
dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa
daerah
|
|||||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
|
3.1 Mengenal teks laporan sederhana
tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
|
||||
3.2 Mengenal teks cerita narasi
sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
|||||
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
|||||
3.4 Mengenal teks lirik puisi tentang
alam semesta dan penampakannya dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
|||||
3.5 Mengenal teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
|
|||||
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
|
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan
teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta
jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
||||
4.2 Memperagakan teks cerita narasi
sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
|
|||||
4.3 Mengungkapkan teks buku harian
tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
|||||
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks
lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
|
|||||
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
|
|||||
Matematika
|
|||||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|||||
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti
aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai secara efektif
dengan memperhatikan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
|
||||
2.2 Menunjukkan perilaku peduli pada orang lain
dengan cara mengelola penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi,
menabung dan beramal
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku adil dalam membagikan
sejumlah benda kepada beberapa orang dalam menerapkan konsep pembagian
|
|||||
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam
melakukan suatu aktivitas di sekolah dengan memperhatikan alat ukur waktu
|
|||||
2.5 Menunjukkan perilaku rapi dan teratur dalam menggambar
dan menata benda-benda sesuai dengan pola-pola perulangan geometri yang
ditemui di dalam kelas, sekolah, atau lingkungan.
|
|||||
2.6 Menunjukkan perilaku cermat dan jujur dalam
mendata hasil pengukuran panjang atau berat suatu benda
|
|||||
3
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan), pengelompokan dan benda-benda di
sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
|
||||
3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada
bilangan asli yang hasilnya kurang
dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit
|
|||||
3.3 Mengenal nilai tukar antar pecahan uang
|
|||||
3.4 Mengetahui ukuran lama waktu di kehidupan
sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan menggunakan satuan
waktu
|
|||||
3.5 Mengetahui ukuran panjang dan berat benda, jarak
suatu tempat di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain
mengunakan satuan tidak baku dan satuan baku
|
|||||
3.6 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil
pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
|
|||||
3.7 Menunjukkan pemahaman tentang konsep tentang
kesamaan antara sepasang ekspresi, menggunakan benda konkrit, simbol, dan
penambahan dan pengurangan hingga 18
|
|||||
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi
tiga, segi empat dan segi enam beraturan
|
|||||
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta
memilahkan dan mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya
|
|||||
3.10 Mengenal ruas garis dan garis lurus
|
|||||
4
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1 Memecahkan masalah secara efektif dari masalah
yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa kebenarannya
|
||||
4.2 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari
benda-benda di sekitar
|
|||||
4.3 Menggunakan strategi menaksir dalam melakukan
perhitungan dan memecahkan masalah yang menggunakan satuan, puluhan, dan
ratusan
|
|||||
4.4 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 500
sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah
bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
|
|||||
4.5 Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan
kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban
|
|||||
4.6 Menceritakan lokasi objek yang berkaitan dan
representasi objek pada sebuah peta
|
|||||
4.7 Merepresentasikan, mengembangkan, dan membuat
pola yang berulang, serta menemukan pola dasar
|
|||||
4.8 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
|
|||||
4.9 Mengumpulkan dan memilah data kategorikal atau
diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf
|
|||||
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data yang ditampilkan
pada grafik konkrit dan piktograf
|
|||||
4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang
atau berat
|
|||||
PJOK
|
|||||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan
kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
|
||||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru
|
2.1
Menunjukkan kerjasama,
percaya diri dan berani dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan
|
||||
2.2
Menunjukkan perilaku santun
kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
|
|||||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah
|
3.1
Memahami manfaat
pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
|
||||
3.2
Memahami dan mempratikkan
posisi tubuh (duduk, berdiri, membaca, berjalan) yang benar
|
|||||
3.3
Memahami dan
mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan
lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah)
|
|||||
3.4
Mengetahui apa yang
dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
|
|||||
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
|
||||
4.2
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
|
|||||
4.3
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
|
|||||
4.4
Mempraktikkan
aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan melalui permainan
sederhana
|
|||||
4.5
Mempraktikkan
aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan dan kekuatan
melalui permainan
|
|||||
4.6
Mempraktikkan variasi
pola gerak dominan dalam senam (seperti menolak, mendarat, lokomotor,
berputar, dan mengayun) dan pola gerak dominan posisi statis (misalnya; tumpu
lengan depan/belakang/ samping, bergantung pada palang, sikap kapal terbang,
berdiri dengan salah satu kaki)
|
|||||
4.7
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi
konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
|
|||||
4.8
Mempraktikkan berbagai
gerak dasar pengenalan aktivitas air dan keselamatan di air, terutama yang
berhubungan dengan gerakan kaki, tangan dan tubuh pada saat di air*
|
|||||
4.9
Mempraktikkan
pengembangan berbagai aktivitas gerak lokomotor di dalam air dan permainan dengan menggunakan alat di
air
|
|||||
SBdP
|
|||||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
|
||||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru
|
2.1
Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih
mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
|
||||
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di
lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
|
|||||
2.3
Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan
kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
|
|||||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah,
|
3.1
Mengenal bahan dan alat serta fungsinya dalam membuat
karya seni rupa
|
||||
3.2
Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola
bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
|
|||||
3.3
Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo
gerak
|
|||||
3.4
Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat
dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan
|
|||||
3.5
Memahami budaya dan bahasa daerah di tempat tinggalnya
|
|||||
3.6
Mengenal karya seni budaya tak benda dan bahasa daerah
setempat
|
|||||
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna,
bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
|
||||
4.2
Membuat karya seni mozaik sederhana dengan dengan
menggunakan bahan alam
|
|||||
4.3
Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media
|
|||||
4.4
Membentuk karya relif dari bahan lunak
|
|||||
4.5
Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang
bervariasi
|
|||||
4.6
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama
empat
|
|||||
4.7
Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat
kata-kata sendiri yang bermakna
|
|||||
4.8
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama
tiga
|
|||||
4.9
Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara
langsung atau dengan media rekam
|
|||||
4.10
Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara
langsung atau media rekam menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat
|
|||||
4.11
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui
gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau
dengan media rekam
|
|||||
4.12
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui
gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan
cepat sesuai dinamika gerak
|
|||||
4.13
Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan
menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatah melipat,
menggunting dan menempel
|
|||||
4.14
Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam di
lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
|
|||||
4.15
Membuat karya kreatif fungsional dari berbagai bahan
dengan cara sederhana
|
|||||
4.16
Menyajikan olahan makanan dari buah dan sayuran di
lingkungan sekitar
|
|||||
4.17
Menceritakan karya seni budaya tak benda dan bahasa
daerah setempat
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
PROGRAM TAHUNAN
|
Nama Sekolah : _______________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Nama Guru : _______________________________
NIP / NIK : _______________________________
|
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan :
_________________________________
Kelas / Semester :
II (Dua) / 2
Tahun Ajaran : 20 .........
/ .........
Kompetensi Inti (KI)
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Tema
|
|||
5
|
6
|
7
|
8
|
||
PPKn
|
|||||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah
|
||||
1.2
Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah
dan sekolah
|
|||||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman , dan guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an
moral Pancasila
|
||||
2.2
Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku
toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan
sekolah
|
|||||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar,
melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah.
|
3.1 Mengenal simbol-simbol sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila
|
||||
3.2 Memahami tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
|
|||||
3.3 Memahami makna keberagaman
karakteristik individu di rumah dan di sekolah
|
|||||
3.4 Memahami arti bersatu dalam
keberagaman di rumah dan sekolah
|
|||||
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
|
||||
4.2 Melaksanakan tata tertib dan
aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
|
|||||
4.3 Berinteraksi dengan beragam
teman di lingkungan rumah dan sekolah
|
|||||
4.4 Bermain peran
tentang bersatu
dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah
|
|||||
Bahasa Indonesia
|
|||||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha
Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
|
||||
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha
Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
|
|||||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin
tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
||||
2.2
Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di
lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
|||||
2.3
Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota
keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
|
|||||
2.4
Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan alam dan penampakannya
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
|||||
2.5
Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun
dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daerah
|
|||||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
|
3.1 Mengenal teks laporan sederhana
tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
|
||||
3.2 Mengenal teks cerita narasi
sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
|||||
3.3 Mengenal teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
|||||
3.4 Mengenal teks lirik puisi tentang
alam semesta dan penampakannya dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
|||||
3.5 Mengenal teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
|
|||||
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan
teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta
jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
||||
4.2 Memperagakan teks cerita narasi
sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
|
|||||
4.3 Mengungkapkan teks buku harian
tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
|||||
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks
lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
|
|||||
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
|
|||||
Matematika
|
|||||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|||||
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
Menunjukkan
perilaku patuh, tertib dan mengikuti aturan dalam melakukan penjumlahan dan
pengurangan sesuai secara efektif dengan memperhatikan nilai tempat ratusan,
puluhan dan satuan
|
||||
Menunjukkan
perilaku peduli pada orang lain dengan cara mengelola penggunaan uang saku
untuk kepentingan konsumsi, menabung dan beramal
|
|||||
Menunjukkan
perilaku adil dalam membagikan sejumlah benda kepada beberapa orang dalam
menerapkan konsep pembagian
|
|||||
Menunjukkan
perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan suatu aktivitas di sekolah
dengan memperhatikan alat ukur waktu
|
|||||
Menunjukkan
perilaku rapi dan teratur dalam menggambar dan menata benda-benda sesuai
dengan pola-pola perulangan geometri yang ditemui di dalam kelas, sekolah,
atau lingkungan.
|
|||||
Menunjukkan
perilaku cermat dan jujur dalam mendata hasil pengukuran panjang atau berat
suatu benda
|
|||||
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
Mengenal
bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan),
pengelompokan dan benda-benda di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
|
||||
Mengenal operasi
perkalian dan pembagian pada bilangan asli
yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan
benda konkrit
|
|||||
Mengenal nilai
tukar antar pecahan uang
|
|||||
Mengetahui
ukuran lama waktu di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat
bermain dengan menggunakan satuan waktu
|
|||||
Mengetahui ukuran
panjang dan berat benda, jarak suatu tempat di kehidupan sehari-hari di
rumah, sekolah dan tempat bermain mengunakan satuan tidak baku dan satuan
baku
|
|||||
Menentukan nilai
terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana
|
|||||
Menunjukkan
pemahaman tentang konsep tentang kesamaan antara sepasang ekspresi,
menggunakan benda konkrit, simbol, dan penambahan dan pengurangan hingga 18
|
|||||
Mengidentifikasi
unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan
|
|||||
Mengenal bangun
datar dan bangun ruang, serta memilahkan dan mengelompokkan berdasarkan sifat
geometrisnya
|
|||||
Mengenal ruas
garis dan garis lurus
|
|||||
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
Memecahkan
masalah secara efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang
terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain
dan memeriksa kebenarannya
|
||||
Mengurai
unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar
|
|||||
Menggunakan
strategi menaksir dalam melakukan perhitungan dan memecahkan masalah yang
menggunakan satuan, puluhan, dan ratusan
|
|||||
Mengurai sebuah
bilangan asli sampai dengan 500 sebagai hasil penjumlahan, pengurangan,
perkalian atau pembagian dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai
kemungkinan jawaban
|
|||||
Mendemostrasikan
berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban
|
|||||
Menceritakan
lokasi objek yang berkaitan dan representasi objek pada sebuah peta
|
|||||
Merepresentasikan,
mengembangkan, dan membuat pola yang berulang, serta menemukan pola dasar
|
|||||
Memprediksi
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari
100
|
|||||
Mengumpulkan dan
memilah data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik
konkrit dan piktograf
|
|||||
Membaca dan
mendeskripsikan data yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf
|
|||||
Membuat tabel
sederhana hasil pengukuran panjang atau berat
|
|||||
PJOK
|
|||||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan
kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
|
||||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru
|
2.1
Menunjukkan kerjasama,
percaya diri dan berani dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan
|
||||
2.2
Menunjukkan perilaku santun
kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
|
|||||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah
|
3.1
Memahami manfaat
pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
|
||||
3.2
Memahami dan
mempratikkan posisi tubuh (duduk, berdiri, membaca, berjalan) yang benar
|
|||||
3.3
Memahami dan
mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan
lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah)
|
|||||
3.4
Mengetahui apa yang
dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
|
|||||
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
|
4.1
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
|
||||
4.2
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
|
|||||
4.3
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
|
|||||
4.4
Mempraktikkan
aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan melalui permainan
sederhana
|
|||||
4.5
Mempraktikkan
aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan dan kekuatan
melalui permainan
|
|||||
4.6
Mempraktikkan variasi
pola gerak dominan dalam senam (seperti menolak, mendarat, lokomotor,
berputar, dan mengayun) dan pola gerak dominan posisi statis (misalnya; tumpu
lengan depan/belakang/ samping, bergantung pada palang, sikap kapal terbang,
berdiri dengan salah satu kaki)
|
|||||
4.7
Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi
konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
|
|||||
4.8
Mempraktikkan berbagai
gerak dasar pengenalan aktivitas air dan keselamatan di air, terutama yang
berhubungan dengan gerakan kaki, tangan dan tubuh pada saat di air*
|
|||||
4.9
Mempraktikkan
pengembangan berbagai aktivitas gerak lokomotor di dalam air dan permainan dengan menggunakan alat di
air
|
|||||
SBdP
|
|||||
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
|
||||
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru
|
2.1
Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih
mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
|
||||
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di
lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
|
|||||
2.3
Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan
kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
|
|||||
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah,
|
3.1
Mengenal bahan dan alat serta fungsinya dalam membuat
karya seni rupa
|
||||
3.2
Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola
bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
|
|||||
3.3
Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo
gerak
|
|||||
3.4
Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat
dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan
|
|||||
3.5
Memahami budaya dan bahasa daerah di tempat tinggalnya
|
|||||
3.6
Mengenal karya seni budaya tak benda dan bahasa daerah
setempat
|
|||||
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna,
bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
|
||||
4.2
Membuat karya seni mozaik sederhana dengan dengan
menggunakan bahan alam
|
|||||
4.3
Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media
|
|||||
4.4
Membentuk karya relif dari bahan lunak
|
|||||
4.5
Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang
bervariasi
|
|||||
4.6
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama
empat
|
|||||
4.7
Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat
kata-kata sendiri yang bermakna
|
|||||
4.8
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama
tiga
|
|||||
4.9
Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara
langsung atau dengan media rekam
|
|||||
4.10
Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara
langsung atau media rekam menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat
|
|||||
4.11
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui
gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau
dengan media rekam
|
|||||
4.12
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui
gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan
cepat sesuai dinamika gerak
|
|||||
4.13
Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan
menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatah melipat,
menggunting dan menempel
|
|||||
4.14
Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam di
lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
|
|||||
4.15
Membuat karya kreatif fungsional dari berbagai bahan
dengan cara sederhana
|
|||||
4.16
Menyajikan olahan makanan dari buah dan sayuran di
lingkungan sekitar
|
|||||
4.17
Menceritakan karya seni budaya tak benda dan bahasa
daerah setempat
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
0 komentar:
Posting Komentar