Senin, 16 Oktober 2017

program tahunan kelas 2






KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
PROGRAM TAHUNAN


Nama Sekolah         :  _______________________________

Kelas / Semester     :  II (Dua) / 1


Nama Guru               :  _______________________________

NIP / NIK                    :  _______________________________




PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan      :  _________________________________
Kelas / Semester          :  II (Dua) / 1
Tahun Ajaran                :  20 ......... / .........
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Tema
1
2
3
4
PPKn




1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah




1.2    Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah




2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman , dan guru
2.1    Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an moral Pancasila




2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah





2.3    Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah




3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah.
3.1    Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila




3.2    Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah




3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah




3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah




4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.




4.2    Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah




4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah




4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah




Bahasa Indonesia




1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah




1.2    Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan




2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah




2.2    Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah




2.3    Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah




2.4    Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan alam dan penampakannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah




2.5    Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah




3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
3.1    Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.




3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman




3.3    Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman




3.4    Mengenal teks lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya  dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman




3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman




4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1    Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian




4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian




4.3    Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian




4.4    Melantunkan dan menyajikan teks lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian




4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian




Matematika




1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya





2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1    Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai secara efektif dengan memperhatikan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan




2.2    Menunjukkan perilaku peduli pada orang lain dengan cara mengelola penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi, menabung dan beramal




2.3    Menunjukkan perilaku adil dalam membagikan sejumlah benda kepada beberapa orang dalam menerapkan konsep pembagian




2.4    Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan suatu aktivitas di sekolah dengan memperhatikan alat ukur waktu




2.5    Menunjukkan perilaku rapi dan teratur dalam menggambar dan menata benda-benda sesuai dengan pola-pola perulangan geometri yang ditemui di dalam kelas, sekolah, atau lingkungan.




2.6    Menunjukkan perilaku cermat dan jujur dalam mendata hasil pengukuran panjang atau berat suatu benda




3         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan), pengelompokan dan benda-benda di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain




3.2    Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli  yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit




3.3    Mengenal nilai tukar antar pecahan uang




3.4    Mengetahui ukuran lama waktu di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan menggunakan satuan waktu




3.5    Mengetahui ukuran panjang dan berat benda, jarak suatu tempat di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain mengunakan satuan tidak baku dan satuan baku




3.6    Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana




3.7    Menunjukkan pemahaman tentang konsep tentang kesamaan antara sepasang ekspresi, menggunakan benda konkrit, simbol, dan penambahan dan pengurangan hingga 18




3.8    Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan




3.9    Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta memilahkan dan mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya




3.10 Mengenal ruas garis dan garis lurus




4         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.1    Memecahkan masalah secara efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa kebenarannya




4.2    Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar




4.3    Menggunakan strategi menaksir dalam melakukan perhitungan dan memecahkan masalah yang menggunakan satuan, puluhan, dan ratusan




4.4    Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 500 sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban




4.5    Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban




4.6    Menceritakan lokasi objek yang berkaitan dan representasi objek pada sebuah peta




4.7    Merepresentasikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang, serta menemukan pola dasar




4.8    Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100




4.9    Mengumpulkan dan memilah data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf




4.10 Membaca dan mendeskripsikan data yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf




4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat




PJOK




1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai




2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1    Menunjukkan kerjasama, percaya diri dan berani dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan




2.2    Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas




3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah
3.1    Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik




3.2    Memahami dan mempratikkan posisi tubuh (duduk, berdiri, membaca, berjalan) yang benar




3.3    Memahami dan mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah)




3.4    Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik




4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional




4.2    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional




4.3    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional




4.4    Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan melalui permainan sederhana




4.5    Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan dan kekuatan melalui permainan




4.6    Mempraktikkan variasi pola gerak dominan dalam senam (seperti menolak, mendarat, lokomotor, berputar, dan mengayun) dan pola gerak dominan posisi statis (misalnya; tumpu lengan depan/belakang/ samping, bergantung pada palang, sikap kapal terbang, berdiri dengan salah satu kaki)




4.7    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik




4.8    Mempraktikkan berbagai gerak dasar pengenalan aktivitas air dan keselamatan di air, terutama yang berhubungan dengan gerakan kaki, tangan dan tubuh pada saat di air*




4.9    Mempraktikkan pengembangan berbagai aktivitas gerak lokomotor di dalam air  dan permainan dengan menggunakan alat di air




SBdP




1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan




2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1    Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni




2.2    Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni




2.3    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni




3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah,
3.1    Mengenal bahan dan alat serta fungsinya dalam membuat karya seni rupa




3.2    Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis




3.3    Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak




3.4    Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan




3.5    Memahami budaya dan bahasa daerah di tempat tinggalnya




3.6    Mengenal karya seni budaya tak benda dan bahasa daerah setempat




4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1    Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar




4.2    Membuat karya seni mozaik sederhana dengan dengan menggunakan bahan alam




4.3    Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media




4.4    Membentuk karya relif dari bahan lunak




4.5    Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi




4.6    Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat




4.7    Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna




4.8    Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga




4.9    Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam




4.10 Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau media rekam menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat




4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam




4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak




4.13 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatah melipat, menggunting dan menempel




4.14 Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel




4.15 Membuat karya kreatif fungsional dari berbagai bahan dengan cara sederhana




4.16 Menyajikan olahan makanan dari buah dan sayuran di lingkungan sekitar




4.17 Menceritakan karya seni budaya tak benda dan bahasa daerah setempat







Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................











KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
PROGRAM TAHUNAN


Nama Sekolah         :  _______________________________

Kelas / Semester     :  I (Satu) / 2


Nama Guru               :  _______________________________

NIP / NIK                    :  _______________________________




PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan      :  _________________________________
Kelas / Semester          :  II (Dua) / 2
Tahun Ajaran                :  20 ......... / .........
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Tema
5
6
7
8
PPKn




1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah




1.2    Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah




2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman , dan guru
2.1    Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an moral Pancasila




2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah





2.3    Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah




3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah.
3.1    Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila




3.2    Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah




3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah




3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah




4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.




4.2    Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah




4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah




4.4    Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah




Bahasa Indonesia




1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah




1.2    Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan




2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah




2.2    Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah




2.3    Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah




2.4    Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan alam dan penampakannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah




2.5    Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah




3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
3.1    Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.




3.2    Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman




3.3    Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman




3.4    Mengenal teks lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya  dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman




3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman




4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1    Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian




4.2    Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian




4.3    Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian




4.4    Melantunkan dan menyajikan teks lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian




4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian




Matematika




1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya





2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
        Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai secara efektif dengan memperhatikan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan




        Menunjukkan perilaku peduli pada orang lain dengan cara mengelola penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi, menabung dan beramal




        Menunjukkan perilaku adil dalam membagikan sejumlah benda kepada beberapa orang dalam menerapkan konsep pembagian




        Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan suatu aktivitas di sekolah dengan memperhatikan alat ukur waktu




        Menunjukkan perilaku rapi dan teratur dalam menggambar dan menata benda-benda sesuai dengan pola-pola perulangan geometri yang ditemui di dalam kelas, sekolah, atau lingkungan.




        Menunjukkan perilaku cermat dan jujur dalam mendata hasil pengukuran panjang atau berat suatu benda




3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
        Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan), pengelompokan dan benda-benda di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain




        Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli  yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit




        Mengenal nilai tukar antar pecahan uang




        Mengetahui ukuran lama waktu di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan menggunakan satuan waktu




        Mengetahui ukuran panjang dan berat benda, jarak suatu tempat di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain mengunakan satuan tidak baku dan satuan baku




        Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana




        Menunjukkan pemahaman tentang konsep tentang kesamaan antara sepasang ekspresi, menggunakan benda konkrit, simbol, dan penambahan dan pengurangan hingga 18




        Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan




        Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta memilahkan dan mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya




        Mengenal ruas garis dan garis lurus




4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
        Memecahkan masalah secara efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa kebenarannya




        Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar




        Menggunakan strategi menaksir dalam melakukan perhitungan dan memecahkan masalah yang menggunakan satuan, puluhan, dan ratusan




        Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 500 sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban




        Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban




        Menceritakan lokasi objek yang berkaitan dan representasi objek pada sebuah peta




        Merepresentasikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang, serta menemukan pola dasar




        Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100




        Mengumpulkan dan memilah data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf




        Membaca dan mendeskripsikan data yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf




        Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat




PJOK




1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai




2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1    Menunjukkan kerjasama, percaya diri dan berani dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan




2.2    Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas




3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah
3.1    Memahami manfaat pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik




3.2    Memahami dan mempratikkan posisi tubuh (duduk, berdiri, membaca, berjalan) yang benar




3.3    Memahami dan mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah)




3.4    Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik




4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional




4.2    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional




4.3    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional




4.4    Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan melalui permainan sederhana




4.5    Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan dan kekuatan melalui permainan




4.6    Mempraktikkan variasi pola gerak dominan dalam senam (seperti menolak, mendarat, lokomotor, berputar, dan mengayun) dan pola gerak dominan posisi statis (misalnya; tumpu lengan depan/belakang/ samping, bergantung pada palang, sikap kapal terbang, berdiri dengan salah satu kaki)




4.7    Mempraktikkan variasi pola gerak dasar menggunakan pola lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik




4.8    Mempraktikkan berbagai gerak dasar pengenalan aktivitas air dan keselamatan di air, terutama yang berhubungan dengan gerakan kaki, tangan dan tubuh pada saat di air*




4.9    Mempraktikkan pengembangan berbagai aktivitas gerak lokomotor di dalam air  dan permainan dengan menggunakan alat di air




SBdP




1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan




2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1    Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni




2.2    Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni




2.3    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni




3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah,
3.1    Mengenal bahan dan alat serta fungsinya dalam membuat karya seni rupa




3.2    Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis




3.3    Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak




3.4    Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan




3.5    Memahami budaya dan bahasa daerah di tempat tinggalnya




3.6    Mengenal karya seni budaya tak benda dan bahasa daerah setempat




4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1    Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar




4.2    Membuat karya seni mozaik sederhana dengan dengan menggunakan bahan alam




4.3    Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media




4.4    Membentuk karya relif dari bahan lunak




4.5    Menyanyikan lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi




4.6    Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat




4.7    Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan membuat kata-kata sendiri yang bermakna




4.8    Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga




4.9    Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam




4.10 Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau media rekam menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat




4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam




4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak




4.13 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatah melipat, menggunting dan menempel




4.14 Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel




4.15 Membuat karya kreatif fungsional dari berbagai bahan dengan cara sederhana




4.16 Menyajikan olahan makanan dari buah dan sayuran di lingkungan sekitar




4.17 Menceritakan karya seni budaya tak benda dan bahasa daerah setempat






Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................


0 komentar:

Posting Komentar